![]() |
Pengertian Administrasi |
Pengertian Administrasi: Apa itu Administrasi? | Kata "administrasi" berasal dari bahasa Yunani administrare yang berarti pengabdian atau service, pelayanan. Dewasa ini, ada dua pengertian administrasi, yaitu administrasi dalam arti sempit dan administrasi dalam arti luas. Pengertian administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara
sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan
memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam satu hubungan satu
sama lain. Administrasi dalam arti sempit ini sebenarnya lebih tepat
disebut sebagai tata usaha.
Pengertian administrasi dalam arti luas adalah kegiatan kerja sama
yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana
ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya untuk
mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Jadi, pengertian
administrasi dalam arti luas memiliki unsur-unsur sekelompok orang,
kerja sama, pembagian tugas secara terstruktur, kegiatan yang runtut
dalam proses, tujuan yang akan dicapai, dan pemanfaatan berbagai sumber.
Intinya administrasi melingkupi seluruh kegiatan, dari pengaturan hingga
pengurusan sekelompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk
mencapai suatu tujuan bersama. Administrasi dapat berjalan dengan dua
atau banyak orang terlibat di dalamnya. Contohnya, dua orang yang
berusaha mengangkat batu besar (jika yang satu menarik tuas dan yang
satu menahan agar tuas tidak patah) hingga organisasi besar, yaitu
mengatur dan mengurus sebuah negara (pemerintah).
Sebagian besar literatur menggunakan istilah administrasi perkantoran dan manajemen perkantoran
untuk menyebut administrasi. Hal ini dipertegas oleh pernyataan
Perserikatan Bangsa-Bangsa (1969), bahwa keduanya memiliki arti yang
sama, walaupun istilah adminstrasi lebih banyak digunakan untuk hal-hal
yang berhubungan dengan negara, sedangkan manajemen lebih banyak berkaitan dengan perusahaan.
Sekian uraian tentang Pengertian Administrasi, semoga bermanfaat.
Referensi:
- Hendi Haryadi. 2009. Administrasi Perkantoran untuk Manajer & Staf. Jakarta: Transmedia Pustaka.
0 comments:
Post a Comment